Kaesang Didukung Jadi Wali Kota Depok, Direktur Puskapol UI: Melanggengkan Praktik Politik Dinasti

kaesang
Kaesang Didukung Jadi Wali Kota Depok, Direktur Puskapol UI: Melanggengkan Praktik Politik Dinasti


Okedek - Direktur Pusat Kajian Politik (Puskapol) Universitas Indonesia (UI) Hurriyah mengatakan bahwa upaya Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendukung Kaesang Pangarep jadi Wali Kota Depok merupakan praktik politik dinasti.


Sebagai informasi, politik dinasti merupakan kekuasaan politik yang dijalankan oleh sekelompok orang yang masih terkait dalam hubungan keluarga.


Kaesang Pangarep merupakan putra bungsu dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Saat ini, kakak Kaesang yang juga putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka tengah menjabat sebagai Walikota Solo.


Selain itu, Jokowi juga memiliki menantu yang juga tengah menjabat sebagai Wali Kota Medan, yakni Bobby Nasution.


Menurut Huriyyah, jika Kaesang benar maju sebagai calon Wali Kota Depok, maka hal itu sama artinya dengan melanggengkan praktik politik dinasti Jokowi.


“Saya melihat ini sebagai sinyal buruk untuk demokratisasi kita karena ini lagi-lagi melanggengkan praktik politik dinasti yang kita lihat di 2020 kemarin itu mulai menguat, sekarang kemungkinan akan berulang lagi di 2024,” kata Hurriyah dalam progam Kompas Petang, Selasa (30/5/2023).


“Ini kan juga memberikan pelajaran yang tidak baik. Bahkan praktik politik dinasti kok jadinya dilanggengkan dengan mekanisme demokrasi,” sambungnya.


Keputusan PSI mendukung Kaesang menjadi calon Walikota Depok juga dinilai asal comot. Pasalnya, Kaesang tidak memiliki rekam jejak sebagai politisi.


Hurriyah menilai, dukungan terhadap Kaesang hanya mempertimbangkan aspek popularitas dan elektabilitas.


Baca JugaAkan Bertemu PKS Besok, Sandiaga Uno: Untuk Samakan Presepsi


“Ini bukan hal yang baik buat demokrasi. Harusnya parpol menjadi kendaraan bagi para politisi yang memang menggeluti politik, bekerja untuk partai, agar mereka bisa ditempatkan sebagai pejabat publik,” jelas dia.


“Jadi bukan asal comot, orang-orang yang populer dicalonkan menjadi kepala daerah.”


Diberitakan sebelumnya, dukungan PSI terhadap Kaesang Pangarep untuk menjadi calon Wali Kota Depok tergambar pada pemasangan baliho raksasa di Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat. 


Tampak foto Kaesang yang tengah memegang bunga mawar dan logo PSI. Baliho tersebut bertuliskan “PSI Menang, Walikota Kaesang”.

Baca JugaGerindra Singgung Kekacauan Politik Jika MK Putuskan Pemilu Tertutup

Get updates in your Inbox
Subscribe

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

  • https://disbudporapar.sumenepkab.go.id/kocok.php?tunnel=baris4d